Pages

Senin, 28 November 2011

STALAKMIT DAN STALAKTIT



A.   A. STALAKMIT
stalakmit merupakan kerucut karang kapur yang muncul dari bawah. Stalakmit pasangan dari stalaktit, yang tumbuh di lantai gua karena hasil tetesan air dari atas langit-langit gua. Stalagmit juga dapat merujuk ke jenis jamur. Sebuah stalagmit (Inggris: / stæləɡmaɪt /, US: / stəɡmaɪt /; dari σταλαγμίτης Yunani - stalagmit, dari σταλαγμίας - stalagmias, "menjatuhkan, menetes" [1]) adalah jenis speleothem yang naik dari lantai sebuah gua kapur karena tetesan solusi mineralisasi dan deposisi kalsium karbonat. Formasi ini stalagmit terjadi hanya dalam kondisi pH tertentu dalam gua bawah tanah [2]. Pembentukan terkait di langit-langit gua dikenal sebagai sebuah stalaktit. Jika formasi tersebut tumbuh bersama, hasilnya adalah dikenal sebagai kolom.
Aula Giants di Carlsbad Caverns

        Stalagmit biasanya tidak boleh disentuh, karena penumpukan batuan dibentuk oleh mineral mempercepat keluar dari larutan air ke permukaan tua, minyak kulit dapat mengubah permukaan di mana air mineral akan melekat, sehingga mempengaruhi pertumbuhan formasi. Minyak dan kotoran dari kontak manusia juga bisa menodai pembentukan dan perubahan warna permanen.

        Struktur serupa juga dapat terbentuk dalam tabung lava, terkait dengan beberapa jenis lavacicles, meskipun mekanisme pembentukan sangat berbeda. Stalaktit dan stalagmit juga dapat terbentuk di langit-langit dan lantai beton, meskipun mereka bentuk yang jauh lebih cepat di sana daripada di lingkungan gua alam.

        Para stalagmit terbesar di dunia adalah 62,2 meter (204 kaki) tinggi dan terletak di gua Cueva Martin Infierno, Kuba. Di Pegunungan Zagros di Iran selatan, sekitar 6 km (3,7 mil) dari kota kuno Bishapur, di gua Shapur pada keempat dari lima teras berdiri patung abad ke-3 Masehi Shapur I, penguasa kedua dari Kekaisaran Sassanid. Patung, ukiran dari satu stalagmit, hampir 7 m (23 kaki) tinggi.







B.   B. STALAKTIT
                Stalaktit (bahasa Yunani: σταλάσσω, stalasso, artinya "yang menetes") adalah jenis speleothem (mineral sekunder) yang menggantung dari langit-langit gua kapur. Ia termasuk dalam jenis batu tetes (bahasa Inggris: dripstone). Stalaktit dari jenis yang disebut "sedotan soda", di gua Choranche, Vercors, Perancis.
               Stalaktit terbentuk dari pengendapan kalsium karbonat dan mineral lainnya, yang terendapkan pada larutan air bermineral. Batu kapur adalah batuan kalsium karbonat, yang dilarutkan oleh air yang mengandung karbon dioksida, sehingga membentuk larutan kalsium bikarbonat. Rumus kimia untuk reaksi ini adalah:
CaCO3(s) + H2O(l) + CO2(aq) Ca(HCO3)2(aq)
   Larutan ini mengalir melalui bebatu sampai mencapai sebuah tepi, dan jika tepi ini berada di atap gua maka larutan akan menetes ke bawah. Ketika larutan mengalami kontak dengan udara, terjadi reaksi kimia yang terbalik dari sebelumnya dan partikel kalsium karbonat tersimpan sebagai endapan. Reaksi kimia terbalik tersebut adalah sebagai berikut.
Ca(HCO3)2(aq) CaCO3(s) + H2O(l) + CO2(aq)
         Tingkat pertumbuhan rata-rata stalaktit adalah 0,13 mm (0,005 inci) setahun. Pertumbuhan stalaktit tumbuh tercepat adalah yang dibentuk oleh air yang mengalir cepat serta kaya akan karbonat kalsium dan karbon dioksida, sehingga dapat tumbuh 3 mm (0,12 inci) per tahun.
        Terbentuk dari tetesan air dari atap gua yang mengandung kalsium karbonat (CaCO3 ) yang mengkristal, dari tiap tetes air akan menambah tebal endapan yang membentuk kerucut menggantung dilangit-langit gua. Berikut ini adalah reaksi kimia pada proses pelarutan batu gamping :
                                        CaCO3 + CO2 + H2O Ca2 + 2HCO3

C.   C.STALAKMIT DAN STALAKTIT
  Stalaktit dan Stalakmit adalah bentuk alam khas daerah Karst. Stalaktit dan Stalakmit terbentuk akibat dari proses pelarutan air di daerah kapur yang berlangsung secara terus menerus. Air yang larut di daerah karst akan masuk kelubang-lubang (doline) kemudian turun ke gua dan menetes-netes dari atap gua ke dasar gua. Nah tetesan-tetesan air ini lama-lama berubah jadi batuan yang bentuknya runcing-runcing seperti tetesan air. Stalaktit adalah batu yang terbentuk di atap gua, bentuknya meruncing kebawah, sedangkan stalakmit adalah batu yang terbentuk di dasar gua bentuknya meruncing keatas.

       Stalaktit dan stalagmit terbentuk akibat proses pelapukan kimiawi secara karbonasi didaerah karst (kapur). Kalsit menjadi kalsium bikarbonat karena bereaksi dengan air.

        Di dalam gua kapur menetes air yang berasal dari air hujan. Karna itu terjadi endapan batu kapur pada atap gua yaitu stalagtit.,tetesan endapan dibawahnya kemudian membentuk stalagmit. Ciri-ciri Stalagtit berlubang sedangkan stalakmit tidak berlubang, dan stalagtit lebih runcing dan menggantung sedangkan stalagmit berlapis-lapis dan dilantai gua.




D.   D. CONTOH TEMPAT
TERDAPATNYA STALAKMIT DAN STALAKTIT

1.   *GUA GONG

   Ada tiga potensi wisata yang dikembangkan di PAcitan, Kota kecil yang luas 1.119,44 KM persegi ini, yaitu wisata alam, wisata sejarah dan wisata kebudayaan. Namun sampai saat ini yang menonjol dan sangat laku dijual oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Pacitan adalah wisata alam. Wisata alam terdiri dari wisata gua dan pantai. Diantara pengunungan kapur diwilayah itu terapat ratusan bahkan ribuan gua, karena itulah orang setempat menjuluki daerah tersebut dengan nama "Kota Seribu Gua". Salah satu gua yang menjadi andalan wisata didaerah tersebut adalah Gua Gong, nama diambil dari nama bukit tempat gua tersebut.
  Didalam gua kedalamnya 256 meter tersebut terdapat stalakmit dan stalaktit berumur ratusan tahun. Ukuran besar dan tingginya ada yang mencapai puluhan meter, sehingga ada yang tersambung dan membentuk semacam pilar batu kapur. Menurut beberapa peneliti dan wisatawan mancanegara, Gua Gong adalah gua terindah di Asia Tenggara, yang kita dapatkan di Gua Gong adalah pemandangan dan panorama didalam gua. Didalam gua ini anda dapat menyaksikan berbagai macam tonjolan batuan (stalakmit/stalaktit) yang sangat menarik dan prosesterjadinya secara alami
 Pada langit-langit gua kapur biasanya terdapat rembesan-rembesan air yang mengandung larutan kapur melalui retakan-retakan halus dan kemudian menetes dan jatuh kedasar gua. Karena adanya penguapan maka yang tertinggal adalah Kristal CaCO3 yang menggantung pada langit-langit gua fenomena ini disebut stalaktit. Pada stalktit terdapat pipa didalamnya. Air yang jatuh pada dasar gua akan menguap juga akibatnya terbentuklah Kristal-kristal kalsit dengan bentuk seperti tongkat yang mencuat dari dasar gua yang disebut stalakmit, baik stalaktit maupun stalakmitdapat terus tumbuh dan membentuk tiang-tiang dalam gua kapur.
Berbagai macam bantuan dengan rembesan tetes air gua ini kemudian dikombinasikan dengan sorotan cahaya dari warna-warni lampu spotlight sehingga menimbulkan nuansa yang sangat mengagumkan. Jika anda berada pada sisi gua yang agak menjorok, dan dalam keadaan sunyi, titik air yang jatuh, berikut dengung angin yang samar ditangkap telinga, member konspirasi suasana yang nirkata-kata, tak terkatakan atau jika suasana itu ingin anda tangkap lebih hebat, datanglah pagi hari, ketika sinar matahari rebah, dan beberapa bias memasuki gua, tak ada lagi imajinasi tentang gua yang bisa kita cari disini.


2.    * GUA MAHARANI

Goa ini letaknya sangat strategis dan menarik karena terletak di dekat pantai kurang lebih 500 m dan berada di tepi jalan Gresik-Tuban tepatnya di kecamatan Paciran Lamongan. Salah satu keajaiban alam berupa gua Istana Maharani yang menyimpan keindahan alam lebih spesifik dan unik diatas rata-rata gua wisata yang lain. Bahkan menurut Prof Dr. KRT.Khoo ahli perguaan internasional dari yayasan speleologi  Indonesia di Bogor menilai bahwa stalaktit dan stalakmit di gua Istana Maharani masih hidup karenanya keindahan gua ini bisa disejajarkan dengan gua Altamira di Spanyol. Gua Mamonth dan Carlsbad di  Gua yang menyimpan sejuta keindahan ini berada dikedalaman 25 m dari permukaan tanah dengan rongga gua seluas 2500 m2.

      Goa Istana Maharani menyimpan ke­indahan alam lebih spesifik, memi­Iiki keindahan di atas rata - rata goa wisata di Indonesia. Bahkan komentar beberapa ahli pergoaan, wartawan dan wisatawan, menilai goa ini memiliki kesejajaran dengan goa. Goa wisata terkenal di Luar negeri seperti Goa Altamira di Spanyol, Goa Mammoth dan Carlsbad di' AmerikaSerikatserta Goa Coranche di Perancis. Di goa Istana Maharani masih "hidup" dan terus tumbuh. Pertumbuhannya mencapai  kurang lebih 1 Cm per sepuluh tahun, agar kelestariannya tetap terjaga.

     Stalaktit dan stalagmit yang tumbuh di dalam goa dapat meman­carkan cahaya warna warni bila terkena cahaya.Menyadari kelebihan tersebut Pemerintah Daerah Lamongan mengelolanya sebagai obyek wisata primadona disamping Tanjung Kodok dan situs purbakala Makam Sunan Drajat. Fasilitas yang dibangun dibagi dalam tiga zone yaitu zone umum, zone pera ­lihan dan zone inti, lokasi goa ini 100 m ketimur dariTanjung Kodok.

    Istana Maharani, demikian goa ini dinamakan oleh Bupati Lamongan R. Mohamad Faried, SH sesuai dengan kecantikan sinarnya dan berdasarkan usulan salah seorang pekerja penemu goa atas mimpi istrinya. Goa Istana Mahara­ni ditemukan oleh 6 penggali tanah coral bahan Fosfat dan pupuk dolomite yaitu Sugeng dan kawan – kawan dengan Mandor Nyoto pada tanggal 6 Agustus 1992.Luasnya kurang lebih 2.500 m2 dengan kedalaman 25 m dari permukaan tanah. Nama maharani lahir dari mimpinya istri Nyoto. Malam sebelum ditemukannya goa, dia bermimpi melihat cahaya bunga - bunga yang sangat indah berwarna - warni yang di jaga oleh dua ekor naga raksasa bermahkota. Dua ekor naga tersebut kini divisualkan berbentuk dua patung naga dengan dua burung garuda penjaga pintu masuk goa yang disebut Gerbang Paksi Tatsoko.

      Di dalam Goa memang terdapat stalaktit - stalagmit yang menyerupai singgasana Maharaja, flora dan fauna yang sangat indah bersinar – sinar seperti mutu mani kamintan baiduri. Dari tetesan air bebatuan gamping yang menyerupai karang sejak jutaant ahun yang lalu secara alami endapannya mengkristal membentuk berbagai perwujudan yang sangat mengagumkan. Sungguh merupakan keajaiban dunia tanda KebesaranTuhan.

      Stalaktit dan stalagmite tersebut ada yang disebut LinggaPratala (me­nyerupai alat vital laki - laki), Yoni Pratiwi (alat vital perempuan), Cempaka Tirta (bungakanthil), Karang Raja Kadal (menyerupai dinosaurus), Selo Gajah (menyerupai kepala gajah), bunga Mawar, pohon Beringin dan berbagai bentuk lainnya yang teramat unik dan indah.

      Menurut cerita mimpi setelah semedhi beberapa penduduk, didalam goa sering terlihat puteri cantik seperti Roro Ayu Mantili dari kerajaan fiksi Madangkara diiring duadayang dan punggawa. Namun melihat struktur dan berbagai bentuk stalaktit dan stalagmite didalam goa ada yang melukiskan seperti Keraton Kiskendo.

     Memang apabila wisatawan termenung sebentar tentang keajaiban alam yang terpatung karikatural dalam goa, berba­gai imajinasi luar biasaakan bermunculan sehingga mendorong orang untuk selalu berkunjung kembali ke goa Istana Maharani. Lokasi wisata ini berhadapan dengan WBL terletak di seberang jalan.

a. 

6 komentar:

Joso mengatakan...

makasih ya

Prajdna Mitha mengatakan...

thanks

amatullah hanifalimah mengatakan...

sangat menbantu,thanks

nurrahma fitra mengatakan...

big bang is bang, TOP GD Seung ri Taeyang Daesung

rifda lathifa mengatakan...

copast

Martin Winata mengatakan...

thanks

Poskan Komentar